5 Cara Mudah Mengajarkan Anak Berhitung
Photo by Pixabay from Pexels

5 Cara Mudah Mengajarkan Anak Berhitung

Pada dasarnya otak anak mudah sekali menyerap pengetahuan yang masuk, namun kadang kita sebagai orang tua merasa kesulitan untuk mengajarkan anak apalagi berhitung, tapi sebagai orang tua tidak perlu risau tentang hal ini karena setiap anak mempunyai bakat dan minat.

Ada yang pandai untuk berhitung ada juga yang suka menyanyi, menari, menggambar, dan sebagainya. Meski demikian anda juga dapat memberikan bekal pengetahuan tentang berhitung, pada artikel kali ini suarawanita.com membagikan tips dasar mengajarkan anak berhitung.

Anda bisa mencoba menerapkan 5 cara mudah mengajarkan anak berhitung.

1. Kenalkan si Kecil Dengan Angka-angka

Sebelum mengajarkan lebih jauh tentang berhitung alangkah baiknya anda mengenalkan angka-angka padanya, memulainya dari angka 0-10. Usahakan tidak ada penekanan pada saat pengenalan ini khawatir si anak menjadi takut dengan berhitung, ajak dia mengenal angka dengan metode mainan untuk mengenalkan konsep bilangan misalnya.

Buat proses pembelajaran yang menyenangkan, jadi anda bisa ajak si kecil dengan sambil bermain. Ada banyak mainan yang bisa anda gunakan misal dengan bola-bola kecil yang ada angkanya atau anda bisa tulis terlebih dahulu, konsep bilangan juga bisa anda kenalkan melalui benda-benda yang berada disekitar kita.

2. Pasang Poster Angka

Dalam rangka memudahkan anak untuk belajar menghitung, memasang poster di dingding juga bisa anda lakukan untuk mempercepat agar anak dapat berhitung. Anda menjadi semakin mudah mengenalkan angka-angka satu demi satu padanya, selalu hindari memaksa anak untuk cepat menguasainya.

Bisa anda lakukan secara bertahap, yang paling penting dalam mengajak anak belajar itu suasana yang menyenangkan karena anak akan semangat belajarnya tanpa ada unsur tekanan, cara anda memberikan rasa nyaman pada anak adalah kunci utama agar dia lebih mudah memahami pelajaran yang anda berikan.

3. Ajak Dia Menulis Angka

Kedua proses diatas sudah anda jalani, berikutnya ajak anak untuk menulis angka dan bentuknya, karena metode ini dapat memperkuat ingatannya. Anda bisa menyediakan papan tulis kecil atau buku, cara ini juga tetap menggunakan metode yang menyenangkan seperti anda kasih pujian agar ia terpacu untuk selalu memulai.

Menulis angka ini salah satu cara agar anak cepat memahami konsep bilangan, walau kadang anda mungkin akan tertawa jika si kecil sedang menuliskan angka karena mungkin bentuknya masih aneh dan lucu, ingat hindari untuk tertawa karena khawatir anak jadi malu dan enggan untuk menulis angka lagi. Karena ini proses lambat laun anak akan mampu menuliskan dengan sempurna.

4. Ajak Bernyanyi

Selain main anak juga kebanyakan suka dengan bernyanyi, anda bisa menggunakan metode selanjutnya yaitu ajak anak anda bernyanyi yang mengandung angka, cari lah lagu-lagu yang bertemakan belajar berhitung atau mengandung angka, cara ini juga mampu memperkuat konsep bilangan pada anak.

5. Memberikan Buku Berhitung Anak-anak

Ini adalah tahapan terakhir setelah anak terlihat memahami konsep bilangan dan berhitung dengan baik, anda bisa membelikan buku berhitung. Buku tentang contoh-contoh perhitungan yang memiliki banyak gambar didalamnya.

Kesimpulan

Dalam rangka mengajarkan anak berhitung itu prinsipnya adalah hindari memaksa anak terlalu keras, dan selalu usahakan suasana yang menyenangkan agar anak anda semangat untuk belajar berhitung. Dunia anak memang pada dasarnya dunia bermain, dengan mengajak anak belajar sambil bermain membuat anak menjadi bersemangat untuk belajar memahami angka dan cara berhitung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *