Benarkah Kayu Bajakah Mampu Sembuhkan Kanker
Foto Aiman Kompas TV

Benarkah Kayu Bajakah Mampu Sembuhkan Kanker

Dunia kesehatan sedang ramai membicarakan khasiat kayu bajakah yang diklaim mampu sembuhkan kanker, bajakah seolah sedang naik daun setelah ada pemberitaan tentang prestasi siswa SMA N 2 Palangkaraya menemukan obat yang diyakini dapat menyembuhkan penyakit kanker sampai total.

Kabar ramainya Kayu Bajakah bermula dari 3 orang siswa yang melakukan penelitian kemudian menemukan obat kanker yaitu kayu bajakah karena zat yang terkandung didalamnya. Kemudian penemuan ini diikutkan pada perlombaan karya ilmiah internasional, dalam acara ini mendapat medali emas kompetisi Life Science yang di adakan di Seoul, Korea Selatan pada 25 Juli 2019.

Pada artikel kali ini, mencari tahu tentang kayu bajakah asal Kalimantan, kami kutip dari berbagai sumber untuk anda.

Benarkah Kayu Bajakah Mampu Sembuhkan Kanker

1. Kayu Hutan

Bajakah adalah jenis tumbuhan hutan yang merambat, yang bisa ditemui pada hutan pedalaman Kalimantan. Bajakah dapat merambat hingga ketinggian dari 5 meter bahkan bisa sampai pucuk pohon. Secara sekilas Bajakah tidak bisa dibedakan dengan tumbuhan yang lainnya, kayu bajakah tumbuh diarea hutan yang rimbun.

2. Dikaitkan dengan Mistis

Tumbuhan yang tidak ada di banyak tempat, kemudian jenis tumbuhan yang memiliki jumlah yang terbatas, itu lah bajakah dikaitkan dengan tanaman mistis bagi masyarakat lokal. Alasanya belum ada penelitian secara ilmiah terhadap bajakah yang menjadi tanaman obat kanker secara turun-temurun bagi masyarakat Suku Dayak, khususnya wilayah Kalimantan Tengah.

Kemudian seiring waktu berjalan kaitan mistis telah berkurang setelah adanya sebuah uji laboratorium untuk melihat dan meneliti kandungan yang terdapat di Bajakah.

3. Zat yang Terkandung Kayu Bajakah

Dari hasil uji laboratorium, bajakah memiliki kandungan ribuan antioksidan jika dibandingkan jenis tanaman lainnya. Bajakah juga diketahui mempunyai 40 zat yang bisa mematikan sel-sel kanker dalam tubuh.

Beberapa zat yang terkandung seperti fenolik, terpenoid, saponin, steroid, tannin, alkonoid, dan terpenoid.

Hal ini dibenarkan oleh sebuah penelitian yang dilakukan seorang peneliti dari Universitas Lambung Mangkurat, Eko Suhartanto mengatakan bahwa kandungan yang terdapat di kayu bajakah itu benar ditemukan.

Dikutip dari hallo sehat, bahwa Zat fitokimia datau fitonutrien memiliki fungsi bagi kesehatan tubuh, atara lain yang disebutkan seperti antioksidan yang memaksimalkan kerja sistem imun, memenuhi kebutuhan terhadap vitamin A, dapat mematikan sel kanker kemudian memperbaiki DNA yang rusak, zat mendetoksifikasi senyawa karsinogen.

4. Pengolahan Bajakah

Masyarakat Dayak sudah biasa menggunakan tanaman bajakah buat dijadikan obat kanker dengan dioleh terlebih dahulu hingga dapat dikonsumsi. Tanaman bajakah harus melalui proses pengolahan terlebih dahulu hingga bisa dijadikan obat, potongan kayu bajakah yang didapat dari hutan kemudian dikeringkan secara alami dengan sinar matahari.

Setelah kering batang bajakah perlu dicacah untuk ditumbuk hingga menjadi bubuk halus, kemudian bubuk tersebut direbus terlebih dulu menggunakan air bersih, dengan rentan waktu kurang lebih 30 hari.

5. Menyembuhkan Kanker Payudara

Khasiat tanaman bajakah menuai perdebatan karena katanya memiliki khasiat dapat menyembuhkan kanker payudara stadium akhir, uji klinis pun perlu dilakukan untuk membenarkan khasiatnya tersebut.

Tentang kebenaran khasiat yang terkandung disampaikan dengan kesaksian tentang fungsi tanaman ini dapat menyembahkan kanker payudara stadium 4 hanya dengan minum rebusan tanaman bajakah, datang dari warga Kabupaten Gunung Mas, Palangkaraya.

Daldin, mengaku bahwa ibunya sembuh dari penyakit kanker payudara stadium akhir. Daldin mengatakan pengobatan dilakukan dua minggu sampai sebulan sembuh total, kesaksian ini dikatakan pada wawancara oleh Aiman Kompas TV.

Itulah beberapa penjelasan mengenai khasiat kayu bajakah, yang mampu mengobati kanker payudara, anda bisa saksikan pada video ini https://www.youtube.com/watch?v=RgdqWPWQmWA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *