Mencegah Kanker dan Menurunkan Gula Darah Dengan Daun Seledri

Mencegah Kanker dan Menurunkan Gula Darah Dengan Daun Seledri

Seledri tergolong tumbuhan yang mudah sekali didapat, karena menjadi salah satu penambah bahan beberapa jenis makanan, daun seledri bukan hanya dijadikan pelengkap bahan makanan saja, daun seledri mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Seledri masuk dalam kategori sayuran yang sangat rendah kalori sehingga menjadikan tidak berbahaya bagi tubuh, selain rendah kalori dan karbohidrat ternyata daun seledri.

Kandungan dalam daun seledri terdiri dari flavonol, dihydrostilbenoids, flavon, furanocoumarin, asam fenolik dan pitosterol sebagai antioksidan yang baik bagi kesehatan.

Daun seledri kaya dengan vitamin A, K, C, Folat dan Potasium, jenis sayuran yang satu ini juga mempunyai sumber serat makanan yang baik dan bebas lemak, misal dalam satu cangkir berisi sekitar 100 gram seledri cingcang mengandung 1,6 gram serat.

Nah, itulah penjelasan manfaat yang terkandung dalam daun seledri yang layak untuk anda konsumsi secara rutin, bagi anda yang ingin menurunkan gula darah dengan daun seledri mari kita simak beberapa cara yang bisa anda coba.

Mencegah Kanker dan Menurunkan Gula Darah Dengan Daun Seledri

Beberapa orang yang tidak menyukai karena aromanya, padahal banyak yang terkandung dalam daun seledri yang bisa dimanfaatkan bagi kesehatan, berikut ini diantaranya.

1. Membantu Melindungi Sel dari Kerusakan

Karena daun seledri mengandung antioksidan yang sangat bagus untuk melindungi sel-sel, pembuluh darah serta organ lainnya dari timbulnya kerusakan oksidatif.

Vitamin C, flavonoid, dan beta karoten serta beberapa jenis nutrisi antioksidan lainnya yang baik bagi tubuh jika dikonsumsi.

2. Menjaga Pencernaan

Kandungan apiuman yang terdapat pada seledri telah terbukti dapat mengurangi sakit pada bagian pencernaan seperti maag dan mampu memperbaiki lapisan lambung.

3. Dapat Mencegah Kanker

Seledri juga dapat mencegah kanker karena kandungan flavonoid yang juga disebut luteolin, dalam hal ini para peneliti percaya bahwa luteolin mempunyai sifat antikanker yang dapat mencegah penyakit jenis kanker.

Berbagai kandungan manfaat seledri bagi kesehatan tubuh, alangkah baiknya anda konsumsi abaikan aroma yang tidak enak, tapi bagi kesehatan hal ini perlu anda pikirkan juga.

Baca juga Berbagai Manfaat dari Ikan Gabus Untuk Kesehatan

Catatan

Seledri tergolong dalam jenis makanan yang bisa menimbulkan reaksi alergi ringan sampai parah, seperti yang diketahui gejalanya yaitu gatal dan bengkak pada bagian bibir lidah serta pada tenggorokan.

Selain itu juga mengandung zat kimia psoralen yang bereaksi ketika terkena sinar matahari, kemudian ketika mengkonsumsi seledri dengan jenis makanan lain yang kebetulan mengandung psoralen yang dapat meningkatkan aktivitas dan sensitif kulit terhadap sinar matahari yang bisa menyebabkan timbulnya dermatitis, maka dari itu pastikan bahwa kita aman mengkonsumsi seledri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *