Tips Agar Anak-anak Suka Makan Sayur dan Buah
Gambar dari FB Nurbani Asfiyah

Tips Agar Anak-anak Suka Makan Sayur dan Buah

Sayur dan Buah-buahan merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi karena itu sangat dibutuhkan untuk anak-anak usia pertumbuhan. Sayur dan buah memiliki unsur penting seperti kandungan serat, dengan mengkonsumsi sayur dan buah setiap hari maka kebutuhan serat untuk anak terpenuhi.

Tapi bagaimana jika anak kita tidak menyukai sayuran dan buah, tenang hal ini bukan hanya terjadi pada diri anda saja karena banyak orang tua diluar sana mempunyai problem yang sama.

Manfaat serat bagi tubuh

Serat sangat bagus untuk menjaga kesehatan pada pencernaan, mengontrol kadar kolesterol, gula darah dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini Tips Agar Anak-anak Suka Makan Sayur dan Buah

1. Pancing Dengan Sayur dan Buah Berwarna Kontras

Dengan memilih sayur dan buah yang memiliki warna kontras, bisa menjadi hal yang menyenangkan bagi anak-anak untuk memakan lebih banyak sayur dan buah. Berbagai metode anda bisa terapkan dari mulai mengenalkan jenis buah-buahan apa saja yang boleh dikonsumsi, kemudian kenalkan pada sayuran juga dengan metode gambar yang sesuai dengan sayuran dan buah tersebut, biarkan ia melacaknya untuk menemukan yang sama persis dengan gambar yang ia lihat.

Memberikan buah-buahan juga bisa dengan cara mengkombinasikan beberapa macam buah yang di iris campur agar anak mampu mengenali dan menyukai berbagai jenis buah.

2. Mengubah Bentuk Asli Sayuran

Seperti yang dikatakan oleh dr Frieda Handayani Kawanto, SpA (K), mengatakan ada beberapa alasan yang membuat anak menolak untuk mengkonsumsi sayur dan buah, salah satunya yang disebutkan adalah tekstur dan rasa.

Seperti yang kita ketahui bahwa ada beberapa sayur dan buah memiliki tekstur yang keras dan mempunyai rasa cenderung hambar menjadikan anak-anak jadi tidak tertarik, teknik yang harus anda pelajari adalah merubah bentuk sayur dan buah menjadi makanan lain atau dijadikan campuran pada makanan lainnya.

3. Mengajak Anak Memasak

Tapi sepertinya ajakan ini identik dengan anak perempuan ya, tetapi dalam tahap pengenalan anak laki-laki boleh saja untuk dikenalkan dengan beberapa macam sayuran dan buah-buahan.

Ada sebuah studi, anak-anak yang dilibatkan dalam membantu orang tua memasak terbukti lebih lahap mengkonsumsi sayur dan buah, dibandingkan dengan anak yang tidak dilibatkan dalam memasak. Metode ini bisa anda inprovisasi dengan cara yang anda kuasai, jadi pada intinya bagaimana anak mengenal buah dan sayur pada umumnya.

4. Pastikan Buah dan Sayuran Selalu Terlihat

Sayuran dan buah yang anda simpan usahakan selalu terlihat oleh anak-anak ini dalam rangka agar si anak lebih mengenali macam-macam sayur dan buah yang ia konsumsi.

5. Membuat Makanan Spesial

Makanan spesial disini anda mencoba merubah resep makanan buat si kecil dengan membuat sayuran menjadi makanan yang tetap menarik bahkan penasaran untuk anak-anak, seperti membuat:

Mie Bayam
Spaghetti saus Tomat
Butterfly Sandwich
Sate sayuran

Baca juga Ada 5 Cara Mengobati Sakit Kepala Secara Alami

Kesimpulannya

Anak biasanya akan lebih tertarik dengan buah dan sayur dengan mencontoh pola anda sebagai orang tua juga, karena anak akan menirukan cara anda mengkonsumsinya, ingat jangan terkesan memaksa dan teruslah edukasi tentang manfaat sayur dan buah padanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *